PT Best Profit Futures Malang

Yellen: Legalitas Suku Bunga Negatif AS di Pertanyakan

Federal Reserve Bank of San Francisco President Janet Yellen Speaks On The U.S. Economy

BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/2) – Federal Reserve belum menentukan apakah akan dapat secara legal menerapkan suku bunga negatif di AS, kata Ketua Janet Yellen.

“Saya akan mengatakan bahwa tetap menjadi pertanyaan yang masih perlu kita selidiki lebih teliti,” kata Yellen pada hari Rabu saat menjawab pertanyaan selama kesaksiannya di depan Komite Majelis Jasa Keuangan di Washington. “Saya tidak menyadari apa pun yang akan mencegah kita dari melakukan hal tersebut, tapi saya katakan kita belum sepenuhnya menyelidiki isu hukum — yang masih perlu dilakukan”

Sebuah memo Staf tahun 2010 yang diposting di situs bank sentral akhir bulan lalu menimbulkan keraguan mengenai apakah hukum mengizinkan The Fed untuk membayar suku bunga atas kelebihan cadangan, atau IOER, yang akan berwenang untuk mengabulkannya.

Itu bisa membatasi kemampuan pembuat kebijakan untuk melakukan suku bunga di bawah nol, skenario yang telah meningkatkan kenaikan traksi di pasar keuangan selama beberapa minggu terakhir karena memuncaknya kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi telah meningkatkan pertanyaan tentang perangkat yang tersedia bagi bank sentral AS untuk melawan kecenderungan penurunan berikutnya.

Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa baru-baru ini menurunkan acuan suku bunga mereka ke wilayah negatif dalam upaya untuk memberikan rangsangan yang lebih dalam perekonomian.

Kemungkinan suku bunga negatif dalam pinjaman dolar AS pada akhir tahun depan tersirat pada perdagangan dalam opsi kontrak berjangka euro-dolar telah meningkat menjadi 17 persen dari 6 persen pada bulan lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Dalam stress test tahunan untuk tahun 2016, The Fed meminta bank-bank untuk menilai ketahanan mereka dalam skenario yang mencakup hasil negatif jangka pendek sekuritas Departemen Keuangan AS.

Keputusan Regulator Bantuan Jas Keuangan (Financial Services Regulatory Relief Act) tahun 2006 memberikan The Fed kesanggupan untuk membayar bunga bank berdasarkan saldo cadangan yang disimpan di bank sentral. IOER rate telah berperan dalam upaya The Fed untuk menaikkan suku bunga, yang dilakukan pada bulan Desember untuk pertama kalinya sejak 2006.

Menurut keputusan, “saldo yang dipertahankan di bank Federal Reserve oleh atau atas nama lembaga penyimpanan dapat menerima penghasilan yang harus dibayar oleh Federal Reserve Bank setidaknya sekali setiap kuartal kalender, pada laju atau tingkat yang tidak melebihi tingkat umum suku bunga jangka pendek. ”

Para penulis dari memo 2010 menyarankan “beberapa kendala yang berpotensi hukum dan praktis” untuk menerapkan IOER negatif, menambahkan bahwa itu “sama sekali tidak jelas” bahwa hukum akan mengizinkan pengisian bunga atas saldo cadangan.

“Ini adalah sebuah masalah bahwa Komite Pasar Terbuka Federal telah meninjau sekitar tahun 2010,” kata Yellen pada hari Rabu. “Kami tidak sepenuhnya melihat masalah hukum di sekitar itu.”(frk)

Sumber: Bloomberg