PT Best Profit Futures Malang

Waspada! Hacker Bisa Susupi Smartphone via WiFi

054000500_1412143367-wifi_gratisan

BESTPROFIT FUTURES MALANG (23/4) – Menurut hasil riset perusahaan keamanan perangkat mobile, Skycure, ditemukan fakta bahwa kini hacker dapat merusak dan menyusup ke dalam sistem keamanan perangkat mobile via jaringan WiFi.

CEO Skycure, Adi Sharabani mengatakan salah satu indikasi perangkat mobile terkena serangan hacker melalui WiFi dapat dilihat daru frekuensi seringnya aplikasi mengalami crash ketika diakses.

“Banyak pengguna yang berbanggapan bahwa crash yang terjadi pada saat membuka aplikasi adalah masalah teknis. Banyak yang berpikir bahwa itu hanyalah bug yang terdapat pada aplikasi, namun penelitian kami menyatakan lebih dari itu,” ungkap Sharabani seperti yang dikutip dari laman Business Insider, Kamis (23/4/2015).

Dalam penelitiannya, pihak Skycure menemukan indikasi bahwa para hacker mulai menggunakan jaringan WiFi untuk melakukan serangan DDoS kepada para pengguna perangkat mobile. Serangan DDoS tersebut diarahkan memang untuk menciptakan kerusakan pada aplikasi.

DDoS Attack sendiri merupakan bentuk serangan yang dilakukan terhadap sistem komputer ataupun server (dalam kasus ini aplikasi) yang terdapat dalam jaringan internet. Tujuan dari serangan jenis ini adalah membuat aplikasi yang diserang kerepotan dan tidak dapat diakses oleh pengguna.

Bila dilihat secara mendasar, konsep serangan DDoS sebenarnya cukup simpel. Pelaku atau hacker akan membuat banyak jaringan ‘komputer palsu’ alias ‘booter’ yang digunakan untuk melakukan request (permintaan perintah) terhadap suatu aplikasi yang dituju. Dengan begini, hacker dapat membanjiri aplikasi yang ingin diserang dengan request palsu, sehingga aplikasi kewalahan dan akhirnya tumbang (crash).

Setelah keseluruhan aplikasi tumbang, hacker dapat dengan mudah menyusup ke dalam perangakt mobile pengguna dan mengumpulkan berbagai data penting.

Skycure mengklaim telah menemukan jenis serangan ini ke sejumlah perangkat bersistem operasi iOS (iPhone dan iPad). Salah satu penyebab utamanya adalah, banyak pengguna perangkat mobile yang kerap tidak sadar ketika perangkatnya tengah tersambung ke jaringan WiFi berbahaya yang memang sudah dipersiapkan oleh para hacker.

“Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jenis serangan seperti ini. Yang terbaik adalah berhati-hati ketika ingin mengakses jaringan WiFi publik. Hanya itu,” tandas Sharabani.

Sumber : Liputan6