PT Best Profit Futures Malang

Terpengaruh Karet Shanghai, Karet Tocom Bergerak Melemah

rubber-tree-700x357
Harga karet di Bursa Tocom pada awal sesi perdagangan pagi ini (13/4) terpantau sedang mengalami pelemahan. Pelemahan harga karet di Bursa Tocom disebabkan oleh harga karet di Bursa Shanghai yang melemah pada perdagangan Kamis kemarin.
Pelemahan di Bursa Shanghai terpantau masih mempengaruhi pergerakan harga karet di Bursa Tocom pada perdagangan sesi pagi hari ini. Harga karet Shanghai yang anjlok hingga 1,47% pada perdagangan hari Kamis, membuat harga karet Tocom tidak mampu untuk kembali menguat setelah sejak awal pekan berhasil rally hingga 4 hari berturut-turut.
Selain faktor pelemahan harga karet Shanghai, karet Tocom juga mengalami tekanan imbas pelemahan bursa saham Jepang. Indeks Nikkei yang ditutup melemah pada Kamis lalu dan masih melanjutkan pelemahan pada pagi ini turut menjadi sentimen negatif pada pergerakan harga karet Tocom.
Pada awal sesi pagi ini di Bursa Tocom, harga karet terpantau bergerak melemah. Harga karet berjangka Tocom untuk kontrak November 2014 turun 0,85% ke tingkat harga 197 Yen/kg atau melemah 1,7 Yen/kg.
Sedangkan dari pembukaan Bursa Shanghai Future Exchanges, harga karet juga terpantau melemah. Harga karet berjangka SHFE untuk kontrak September 2014 dibuka melemah 0,88% ke tingkat harga 14.130 Yuan/ton atau turun 125 Yuan/ton.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga karet di Bursa Tocom masih akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen negatif dari melemahnya bursa Nikkei serta karet Shanghai  yang diperburuk oleh penguatan Yen pada saat ini. Terkait pergerakan harga pada hari ini, karet Tocom diprediksi akan bergerak di kisaran 194-201 Yen.
Sumber : Vibiznews