PT Best Profit Futures Malang

Sosialisasi Produk Kontrak Index Emas JFX digunakan untuk Pengusaha Emas Medan

Dalam rangka sosialisasi produk Kontrak Index Emas (KIE), Jakarta Futures Exchange (JFX) bersama dengan PT Trijaya Pratama Futures dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menggelar seminar bertema “Peluang dan Resiko Menghadapi Pergerakan Kurs USD – IDR”. Acara ini diadakan Jumat, 21 Februari 2014.

 

Seminar ini dihadiri oleh para pebisnis di Medan, yang mayoritas adalah pengusaha emas. Acara yang dibuka oleh Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha JFX Lie Ricky yang mewakili Direksi JFX ini mendatangkan pembicara Isa A. Djohari dari JFX, Zahrulsyam dari Kliring Berjangka Indonesia, dan Direktur Kepatuhan Trijaya Firdaus Bangun. Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha JFX, Lie Ricky mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban JFX untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai peran dan manfaat dari perdagangan berjangka.

 

Dalam kesempatan tersebut Firdaus menyampaikan, kondisi rupiah yang free floating dan era perdagangan bebas, maka potensi fluktuasi rupiah semakin besar. Selain itu berbagai analis memperkirakan adanya pergerakan kuat rupiah selama 2014. Sementara itu, dengan perdagangan bebas, upaya stabilisasi rupiah menjadi terbatas.

 

Firdaus juga menyampaikan berbagai risiko yang dihadapi pengusaha akibat fluktuasi nilai tukar. “Tapi sebaliknya, di mana ada risiko, di situ ada peluang” menurut Firdaus dalam materi presentasinya. Seminar tersebut juga memuat materi soal kontrak KIE sebagai USD-IDR serta manfaatnya, transaksi dengan Margin, manfaat two way opportunity,  penjaminan oleh KBI, lindung nilai, leveraged profit, contoh hedging, penjelasan SWAP, hingga spesifikasi KIE.

 

Diharapkan kegiatan semacam ini dapat memberikan pengetahuan serta peluang baru bagi masyarakat umum serta para pebisnis emas. Seminar lain juga terus diadakan JFX, di berbagai kota guna mengedukasi masyarakat.

 

Sumber dari www.jfx.co.id