PT Best Profit Futures Malang

Saham Jepang Ikuti Penurunan Saham AS Pasca Yen Lanjutkan Penguatannya

japan-world-markets.jpeg12-1280x960

BESTPROFIT FUTURES (16/05) – Indeks Topix Jepang jatuh, menuju penurunan pekan kedua akibat penguatan yen pasca data ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat kurang dari yang diharapan.

Indeks Topix turun sebesar 1,5 persen ke level 1,160.77 pukul 09:02 pagi di Tokyo, dengan semua 33 saham sub kelompok industri melemah. Indeks kini menuju penurunan sebesar 0,4 persen untuk pekan ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 1,5 persen pagi ini ke level 14,078.01. Yen Jepang naik tipis 0,1 persen ke level 101.50 per dolar, bersiap untuk kenaikan hari ketiga.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 bergerak mendatar. indeks turun tajam dalam sebulan terakhir kemarin karena investor terus melakukan aksi selloff saham-saham kecil dan perkiraan laba Wal – Mart Stores Inc yang meleset dari perkiraan.

Yen Jepang menguat seiring pelemahan data ekonomi memicu permintaan aset safe haven. Produksi industri di AS secara tak terduga turun pada bulan April lalu, ditahan oleh penurunan sektor utilitas karena suhu hangat dan penurunan berbasis luas di bidang manufaktur. produk domestik bruto (PDB) kawasan Euro naik sebesar 0,2 persen dalam tiga bulan terakhir sampai Maret lalu, setengah dari perkiraan ekonom. (izr)

Sumber : Bloomberg