PT Best Profit Futures Malang

Saham Eropa Menghentikan Rally Mengikuti Penurunan Bursa AS

911734760p

BESTPROFIT FUTURES MALANG (6/11) – Saham Eropa turun untuk pertama kalinya dalam 4 hari terakhir, dipimpin oleh penurunan produsen komoditas dan energi.

Saham Anglo American Plc dan ArcelorMittal merosot 4,6 % atau lebih, menyeret saham penambang dengan kinerja terburuk di antara kelompok industri dalam Indeks Stoxx Europe 600. Saham energi menghentikan kenaikan selama 3 hari, dengan Amec Foster Wheeler Plc anjlok 23 % setelah mengatakan akan membagi dividen di tengah penurunan harga minyak. Saham Societe Generale SA dan Adidas AG naik minimal 4 %.

Indeks Stoxx 600 turun 0,4 % pada penutupan perdagangan, mengikuti penurunan saham AS. Ekuitas Eropa kemarin memangkas kenaikan setelah Federal Reserve mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Desember.

Indeks Stoxx 600 melonjak sebesar 12 % sejak 29 September lalu, menutup sekitar dua pertiga dari penurunan di musim panas. Indeks kekuatan relative mendekati angka 70, yang berarti keuntungan sudah terlalu jauh.

Indeks tersebut sebelumnya pada hari ini menghapus penurunan sebanyak 0,4 % seiring Ekonomi Uni Eropa dan Komisaris Moneter Pierre Moscovici mengatakan euro harus terus mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut, dan memproyeksikan “meredanya kekhawatiran” terhadap China.

Indeks FTSE 100 U.K turun 0,8 %. Ini telah menghentikan penurunan pasca Bank of England (BOE) menunjukkan tetap berhati-hati untuk menaikkan suku bunga dan mengurangi perkiraan pertumbuhan dan inflasi untuk tahun 2015 dan 2016.

Di antara saham lain yang aktif di berita perusahaan, saham Sistem Vestas Wind A/S naik 5,2 % setelah mengatakan akan membeli kembali sahanya senilai 150 juta euro ($ 163 juta).

Saham Credit Agricole SA turun 8,3 % setelah laba bersih perusahaan di bank korporasi dan investasi mengalami penurunan. Saham Adecco SA merosot 11 % setelah penyedia terbesar di dunia dari staf untuk sementara memangkas margin keuntungan. (knc)

Sumber : Bloomberg