PT Best Profit Futures Malang

Saham Eropa Ditutup Turun Dari Level Tertinggi Sejak 2007

saham-eropa-5

BESTPROFIT FUTURES MALANG (3/3) – Saham Eropa catat penurunan dari level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun terakhir seiring pelemahan saham perusahaan energi.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,2 % ke level 391,29 pada penutupan perdagangan hari ini, sehingga memangkas penurunan sebelumnya sebesar 0,7 %. Indeks acuan ekuitas naik 2,6 % pekan lalu, memperpanjang gain bulan Februari sebesar 6,4 %, di tengah hasil keuangan yang lebih baik dari perkiraan saham perusahaan termasuk EADS NV, dan sentimen data konsumen AS.

Indeks Stoxx 600 telah reli sebesar 14 % pada tahun ini, merupakan kenaikan terbaik yang pernah ada mulai tahun ini, karena Yunani mencapai kesepakatan bailout dan Bank Sentral Eropa mengumumkan pelonggaran kuantitatif. Indeks tersebut diperdagangkan 16,6 kali laba yang diproyeksikan anggotanya, merupakan yang tertinggi dalam setidaknya satu dekade terakhir.

Indeks ASE Yunani turun 2,5 %, merupakan kinerja terburuk dari 18 pasar saham Eropa. Saham perbankan memimpin penurunan, diikuti Piraeus Bank SA dan National Bank of Greece SA yang turun lebih dari 11 %. Indeks ekuitas naik 22 % pada Februari lalu.

Indeks acuan saham energi turun dari level tertinggi dalam tiga bulan terakhir, sehingga mencatatkan kinerja terburuk dari 19 kelompok industri pada Stoxx 600, karena melemahnya minyak mentah setelah data menunjukkan produksi minyak OPEC melebihi kuotanya untuk bulan kesembilan pada bulan Februari lalu. Royal Dutch Shell Plc mengalami penurunan terbesarnya, sebesar 1,7 %. (vck)

Sumber: Bloomberg