PT Best Profit Futures Malang

Saham Asia Turun Pada Hari Kedua Jelang Rilis Data Manufaktur China

130619_bursa-asia

BESTPROFIT FUTURES (23/9) – Saham Asia turun untuk hari kedua karena investor menunggu data yang diperkirakan melambatnya pertumbuhan manufaktur China untuk bulan kedua.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang turun sebesar 0,2 persen ke level 486,05 pukul 10:01 pagi di Sydney, jelang bursa dibuka di Hong Kong dan Cina. Bursa Jepang ditutup untuk libur nasional. Indeks acuan daerah telah turun dari level tertingginya sebesar 5,5 persen dalam enam tahun terakhir pada bulan ini di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi China yang sedang melambat lebih dari yang diharapkan.

Perekonomian China masih melambat pada kuartal ini, sektor ritel dan industri perumahan real estate sedang melakukan perbaikan di bidang manufaktur dan transportasi, menurut survei swasta. Menteri Keuangan China Lou Jiwei selama akhir pekan ini telah meredam spekulasi bahwa pemerintah akan meningkatkan stimulus ekonomi.

Sementara itu Indeks Kospi Korea Selatan turun sebesar 0,5 persen. Indeks Australia S&P / ASX 200 turun sebesar 0,1 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru turun sebesar 0,2 persen. (vck)

Sumber: Bloomberg