PT Best Profit Futures Malang

Saham Asia Naik, Memperpanjang Gain Mingguannya

url

BESTPROFIT FUTURES MALANG (31/10) – Saham Asia naik pasca perekonomian AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan dan di tengah laporan bahwa Pemerintah Pension Investment Fund Jepang akan meningkatkan kepemilikan ekuitas sebesar $ 1.2 triliun.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4 persen ke level 140,82 pukul 09:01 pagi di Tokyo, jelang dibukanya pasar di China dan Hong Kong. Indeks tersebut telah naik 2,4 persen pekan ini, merupakan keuntungan mingguan pertama back to back sejak Agustus lalu, pasca Federal Reserve mengatakan akan mengakhiri program pelonggaran kuantitatif terkait peekonomia terbesar dunia tersebut menguat.

Sementara perekonomian AS tumbuh lebih dari estimasi tingkat tahunan ini sebesar 3,5 persen pada kuartal terakhir, sehingga memangkas kenaikan enam bulan dalam satu dekade terakhir, sementara data lain menunjukkan makin sedikitnya warga Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran sejak bulan lalu dalam 14 tahun terakhir.

Indeks Topix Jepang naik 1,1 persen. Sementara dana pensiun publik di Jepang, merupakan yang tertinggi di dunia, hari ini akan meningkatkan target alokasi untuk saham lokal dan asing untuk masing-masing sebesar 25 persen, sehingga dapat mengurangi utang dalam negeri sampai 35 persen, surat kabar Nikkei melaporkan.

Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,5 persen. Sedangkan Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,2 persen dan NZX 50 Indeks Selandia Baru naik 0,5 persen. (vck)

Sumber: Bloomberg