PT Best Profit Futures Malang

Saham Asia Jatuh dari Level Enam Tahun Tertingginya Pasca Saham AS Melemah

url

BESTPROFIT FUTURES (12/06) – Saham Asia jatuh mengirim indeks acuan regional turun dari level penutupan tertingginya dalam enam tahun terakhir karena para investor menimbang tingkat valuasi pasca ekuitas AS melemah.

Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,3 persen ke level 144,09 pukul 09:02 pagi di Tokyo. Indeks rebound sebesar 11 persen hingga kemarin dari level terendahnya tahun ini pada bulan Februari lalu di tengah tanda-tanda mulai stabilnya ekonomi China dan pemulihan ekonomi AS. Saham di indeks tersebut ditransaksikan pada 13,3 kali estimasi laba kemarin, dibandingkan dengan kelipatan 16,4 untuk indeks Standard & Poor 500 dan 15,5 untuk Indeks Stoxx Europe 600.

Indeks Topix Jepang merosot sebesar 0,7 persen. Indeks Kospi Korea Selatan dan indeks S&P/ASX 200 Australia mendatar. Indeks NZX 50 Selandia Baru melemah sebesar 0,1 persen setelah Reserve Bank Selandia Baru menaikkan tingkat suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini dan mengisyaratkan pengetatan kebijakan moneter.

Mata uang Yen Jepang menguat hari ketiga di tengah spekulasi Bank of Japan (BOJ) akan menahan diri dari memperluas stimulus pada pertemuannya yang dimulai hari ini, berbeda dengan Bank Sentral Eropa (BOE) yang meluncurkan pelonggaran kebijakan moneternya pekan lalu. Yen naik sebesar 0,1 persen menjadi 102 per dolar hari ini pasca menguat 0,3 persen kemarin. (izr)

Sumber: Bloomberg