PT Best Profit Futures Malang

RBA : Data Terbaru Positif, Ruang Lingkup untuk Memudahkan Kebijakan Lebih Lanjut

download

Bank sentral Australia mengatakan suku bunga rendah yang didukung oleh melemahnya belanja rumah tangga dan nilai tukar yang dapat mendorong perusahaan lokal, seperti menegaskan bahwa prospek tingkat inflasi terkendali memberikan ruang lingkup untuk memudahkan kebijakan lebih lanjut jika diperlukan.

“Data domestik terbaru umumnya telah positif,” Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan Selasa ini di risalah pertemuan pada 1 Desember lalu, di mana ia mempertahankan suku bunga pada rekor rendah sebesar 2 % untuk bulan ketujuh. “Meski begitu, anggotanya mengakui bahwa masih ada bukti untuk kapasitas cadangan dalam perekonomian.”

Australia mencatat back-to-back gain dalam laporan pekerjaan bulanan terbesar sejak tahun 1988 setelah menambahkan sebanyak 71.400 pekerja di bulan November, dan indeks kepercayaan konsumen tetap berada pada tingkat optimisme. Harapan bank sentral akan lebih menurunkan acuan dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan pertumbuhan di bawah rata-rata yang telah dimoderasi, dengan para pedagang harga dalam kesempatan 44 % dari suku bunga pada bulan Juni.

Australia berjuang karena dampak dari anjloknya harga ekspor komoditas yang termasuk bijih besi sebagai mitra dagang utama perekonomian China yang mengecewakan.

“Ada kelebihan kapasitas di beberapa bagian perekonomian China,” kata RBA. “Kondisi perekonomian kemungkinan besar akan menjadi lebih sulit dari waktu ke waktu untuk berbagai perusahaan yang tidak menguntungkan.”

Bank sentral, yang telah memangkas suku bunga sebanyak dua kali pada tahun ini, bisa mendapatkan traksi dalam upayanya untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk memacu pengeluaran dan mendorong bisnis investment. (knc)

Sumber : Bloomberg