PT Best Profit Futures Malang

Raih Sukses Sejak Hari Pertama Kerja

Perjuangan mendapatkan pekerjaan tidak berhenti ketika curriculum vitae (CV) Anda membuat perusahaan tertarik mempekerjakan Anda. Tahap selanjutnya adalah memberikan kesan terbaik pada hari pertama kerja di hadapan atasan dan rekan kerja Anda.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meraih sukses pada hari pertama kerja.

Komunikasi
Komunikasi yang jelas adalah sangat penting untuk hubungan kerja yang sukses. Beberapa atasan ingin diberitahu tentang segala sesuatu, seperti kontak klien, update proyek, masalah yang timbul dengan harapan karyawan dapat berkomunikasi secara baik.



Diam dan Dengar

Tidak semua karyawan di suatu perusahaan bisa terbuka menerima ide-ide segar dari para pegawai baru. Jika Anda memiliki berbagai gagasan menarik pada hari pertama kerja, maka langkah awal adalah mendapatkan kepercayaan karyawan dan atasan Anda lebih dulu.

Cara terbaik untuk memenangkan kepercayaan tersebut hanya dengan mendengarkan mereka. Hormati pendapat mereka dan mencari umpan balik pada ide-ide Anda sebelum menghadirkan mereka sebagai realitas baru. Demikian seperti dilansir How Stuff Works, Senin (21/4/2014).

Jika Tidak Tahu, Tanya
Jangan sampai salah mengerjakan tugas di hari pertama kerja hanya karena kalian tidak paham. Ketika diberi tugas, cobalah untuk mendapatkan semua rincian tentang tugas itu dari bos Anda. Jangan khawatir akan terlihat bodoh. Sebaliknya, inisiatif bertanya ini akan membuat Anda terlihat penuh perhatian.

Jika ada sesuatu yang membingungkan saat mengerjakan tugas, tidak ada salahnya meminta penjelasan lagi dari atasan. Tapi jika Anda bertanya kepada atasan setiap lima menit, Anda akan dinilai menjengkelkan.

Jika atasan tidak memberikan tugas di hari pertama kerja, jangan hanya bermain dengan komputer atau membuka sosial media. Carilah sesuatu yang berguna untuk dilakukan. Sekali lagi, bertanyalah kepada atasan.

Jangan Menjadi Diri Sendiri Dulu
Kata kunci untuk hari pertama di tempat kerja adalah menahan diri. Jika Anda adalah jenis orang yang hiper-energik, mempunyai nada suara yang tinggi, pastinya kalian tidak ingin menakut-nakuti orang. Berhati-hati juga dalam melontarkan lelucon.

Berpakaian Rapi
Setiap perusahaan pasti mempunyai peraturan dalam urusan pakaian. Perhatikan baik-baik bagaimana karyawan di suatu kantor berpakaian saat Anda menghadiri interview kerja. Jika masih ragu, Anda bisa bertanya ke divisi HRD tentang bagaimana aturan berpakaian di kantor tersebut.

Kerjakan Pekerjaan Rumah Anda
Sebuah cara jitu untuk membuat atasan terkesan pada hari pertama kerja adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang perusahaan. Anda tidak perlu memamerkan pengetahuan ini, tapi cukup menjadi bekal supaya tidak berkata sesuatu yang bodoh.

Makan Siang
Setiap kantor punya kebiasaan makan siang tersendiri. Jika tidak yakin, bawa saja bekal makan siang untuk disantap di pantry. Jangan sampai Anda pulang kantor dalam keadaan kelaparan karena masih kikuk untuk bergabung makan siang dengan rekan sekantor.

Survei Rute Sebelumnya
Apa pun pilihan transportasi Anda, pastikan Anda tahu rute ke kantor sebelum hari pertama kerja. Jangan andalkan aplikasi peta di handphone, apalagi jika tiba-tiba Anda harus menghadapi kemacetan. Setelah tahu persis berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kantor pada jam sibuk, tambahkan 10 menit sebagai antisipasi. Tidak ada salahnya untuk datang lebih awal pada hari pertama kerja.

Tidur CepatĀ 

Jangan tidur larut malam sebelum hari pertama kerja. Cukupkan tidurĀ  agar pikiran Anda menjadi tajam, jernih dan lebih terjaga saat bertemu puluhan orang baru di esok hari.

Sumber dari kampus.okezone.com