PT Best Profit Futures Malang

Pilih dan gunakan printer sesuai kebutuhan

PEMAKAIAN sangat menentukan keawetan printer multifungsi. Jika cara pemakaiannya kurang benar, risiko kerusakan akan semakin tinggi. Jadi, gunakan printer sesuai kebutuhan dan lakukan perawatan secara rutin.

Charles Simanjuntak, Market Development Manager LaserJet & Enterprise Solutions (LES), Imaging & Printing Group HP Indonesia, mengatakan, hal pertama agar printer yang Anda punya awet adalah memilih produk secara tepat. “Pilihlah printer sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya.

Pemilihan printer harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Sebagai contoh, jika hanya memenuhi kebutuhan sendiri untuk mencetak dokumen, maka printer dengan fitur standar sudah cukup. Tapi, jika printer dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan di tempat usaha atau kantor, sebaiknya gunakan printer multifungsi yang memiliki kemampuan tambahan seperti memindai gambar, fotokopi, dan faksimili.

Selain itu, kemampuan produktif printer dalam mencetak dokumen juga harus diperhatikan. Biasanya, printer yang memang dibuat untuk mendukung pekerjaan kantor, sudah memiliki kemampuan produktif mencetak lebih besar dan lebih cepat. “Jangan menggunakan printer melebihi kemampuan produktifnya (duty cycle). Sebab, memaksakan printer untuk bekerja akan menyebabkan printer cepat rusak,” imbuh Charles.

Penggunaan tinta printer juga menentukan kualitas dokumen atau foto yang dicetak. Divison Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip Monica Aryasetiawan menyarankan, pengguna sebaiknya menggunakan tinta original sehingga kualitas cetak tetap prima. “Tujuannya, menghindari kebocoran tinta yang bisa merusak print head,” cetus Monica.

Jika menggunakan tinta isi ulang, biaya yang harus dikeluarkan mungkin lebih murah. Namun, risiko jauh lebih besar. Bisa jadi, tujuan awal kita berhemat tapi malah harus mengeluarkan biaya perbaikan yang besar. Bahkan, harus membeli printer baru.

Hal lain yang harus diperhatikan antara lain rajin membersihkan printer dari debu-debu yang menempel. Jika bersih, printer bisa terhindar dari macet pada fungsi-fungsi tertentu, misalnya paper roll. “Printer bisa dibersihkan dengan menggunakan kain micro fiber,” jelas Charles.

Agar paper roll awet, Monica juga menyarankan agar tak menggunakan kertas bekas pakai. Khusus perawatan alat pindai printer multifungsi, handle stick camera sebaiknya ditutup atau dilipat agar terhindar dari debu. Terakhir, matikanlah printer jika sudah tidak dipakai.

Sumber dari http://lifestyle.kontan.co.id