PT Best Profit Futures Malang

Permintaan Haven dan Kekacauan Ukraina Angkat Harga Emas

logam-mulia

BESTPROFIT FUTURES (06/05) – Emas berjangka naik ke hampir tiga minggu tertinggi ditengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan separatis pro Rusia menaikkan permintaan haven.

Menteri Pertahan Ukraina mengatakan bahwa separatis Pro Rusia telah menewaskan empat militer Ukraina, melukai 30 orang dan menembak jatuh helikopter militer di kota bagian timur, Slovyansk. Beberapa warga sipil meninggal akibat pertempuran tersebut, menurut pernyataan dari Menteri Dalam Negeri, tanpa menyebutkan angka koban sipil yang meninggal.

Dalam tahun ini, emas telah naik 9.8 persen setelah konflik yang mendorong para pedagang untuk lebih rileks terhadap penurunan harga emas. Pemilihan presiden Ukraina mendorong terjadinya keretakan lain antara Rusia, Uni Eropa dan AS serta pemerintahan Putin mempertanyakan legitimasi hasil pemilihan pada 25 Mei mendatang.

Emas berjangka untuk pengiriman Juni naik 0.5 persen untuk menetap di level US$ 1,309.30 per ons pada 1:42 siang di Comex New York. Sebelumnya, harga emas menyentuh US$ 1,315.80, yang termasuk terttinggi untuk kontrak teraktif sejak 15 April lalu.

Perdagangan adalah 9,5 persen kurang dari rata-rata 100 – hari untuk saat ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Pasar di London dan Tokyo tutup karena hari libur.(frk)

Sumber : Bloomberg