PT Best Profit Futures Malang

Pemerintah Beri Target 2,5% Penduduk RI Jadi Wirausahawan

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) terus mendorong jumlah pengusaha atau wirausaha di tanah air. Hingga akhir periode Kabinet Indonesia Bersatu jilid II (KIB II), ditargetkan jumlah wirausahawan dapat mencapai 2,5% dari total penduduk Indonesia.

Asisten Deputi Urusan Perdagangan Dalam Negeri Kementerian UKM Ahmad Husein mengatakan, untuk dapat mencapai target tersebut, kementerian KUKM terus melakukan pelatihan dan pembinaan kepada calon-calon wirausahawan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

“Kami dari Kementerian Koperasi punya program untuk pengembangan wirausaha baru, kita dididk anak muda, mahasiswa untuk berwirausaha. Target kita meningkatkan mencapai 2-2,5% bisa dicapai sampai akihir kabinet ini,” kata Husein saat ditemui di gerai Carrefour MT Haryono, Jakarta, Kamis (1/5/2014).

Adapun pelatihan dan pembinaan yang dilakukan meliputi hal-hal dasar yang diperlukan, agar UMKM yang dikembangkan mampu memiliki daya saing dan ketahanan di tengah ketatnya persaingan bisnis jelang ASEAN Economy Community (AEC).

“Pelatihannya kita berikan menyeluruh dari mulai cara mendirikan usahanya, pembenahan kualitas produk, bagaimana cara pengemasan, higienis dan sebagainya. Kita bahkan memberikan program magang. Kita minta usaha besar untuk memberi kesempatan anak muda yang kita latih untuk magang di tempat dia untuk belajar bagaimana membesarkan bisnisnya,” papar dia.

Kemnterian KUKM pun juga memberi bantuan permodalan. “Kalau dianggap sudah matang, kita bahkan juga kasih bantuan permodalan. Jumlahnya disesuaikan dengan proposal bisnis mereka. Jadi diharapkan UMKM ini bisa berkembang, bisa bertahan,” tadasnya

Sumber dari finance.detik.com