PT Best Profit Futures Malang

Pasar Tenaga Kerja AS Konfirmasi Hasil Positif Ke Depannya

amerika1-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG (10/4) – Pasar tenaga kerja Amerika Serikat (AS) kabarnya mengabarkan berita yang cukup menggembirakan. Berdasarkan laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran mencatat kenaikan yang lebih lambat dari prediksi yang telah dibuat pada pekan lalu.  Tingkat klaim untuk tunjangan pengangguran ini selama empat minggu terakhir berhasil mencapai tingkat terendah sejak tahun 2000 silam.

Sementara itu, klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 14.000 menjadi 281.000 untuk pekan yang berakhir 4 April lalu. Namun demikian angka ini menambah deretan minggu yang pada pekan ini memasuki minggu kelimanya berturut-turut dengan angka masih dibawah 300.000. Sebagai informasi, pertumbuhan pekerjaan AS memang melambat tajam pada bulan Maret lalu, dengan nonfarm payrolls yang hanya meningkat 126.000, dimana posisi ini sekaligus mengakhiri masa kejayaannya selama 12 bulan terakhir dengan keuntungan di atas 200.000.

Sebelumnya para ekonom telah memperkirakan klaim akan naik ke 285.000 pada minggu lalu. Namun realisasi yang ternyata lebih lambat, sekali lagi menunjukkan bahwa klaim tunjangan pengangguran di Negeri Paman Sam ini cenderung stabil terutama karena adanya hari raya Paskah. Beberapa ekonom menilai jika pada pekan-pekan mendatang angka klaim terus menurun, maka pasar tenaga kerja AS memang sudah menguat sepenuhnya.

Demikian juga The Fed, tentunya akan mempertimbangkan kondisi ini untuk berkontemplasi menaikkan suku bunga di tahun ini. Laporan klaim juga menunjukkan jumlah orang masih menerima manfaat setelah minggu awal bantuan turun 23.000 menjadi 2,30 juta pada pekan yang berakhir 28 Maret. Posisi ini adalah level terendah sejak Desember 2000.