PT Best Profit Futures Malang

Obama Amankan Cukup Dukungan Dari Senator Untuk Kesepakatan Iran

iu1f7brY_400x400

BESTPROFIT FUTURES MALANG (3/9) – Presiden AS Barack Obama telah mengamankan dukungan yang cukup di Senat AS untuk memastikan bahwa kesepakatan nuklir Iran akan berlaku.

Demokrat Barbara Mikulski dari Maryland menjadi senator 34 untuk membalikan kesepakatan pada hari Rabu.

Kongres AS masih bisa menentang kesepakatan tersebut, tetapi Obama kini memiliki cukup suara untuk menolak resolusi ketidaksetujuan.

Dia mengatakan kesepakatan itu memotong “setiap jalur senjata nuklir” untuk Iran.

“Tidak ada kesepakatan yang sempurna, terutama ¬†yang dinegosiasikan dengan rezim Iran,” senator Mikulski dalam sebuah pernyataan menyatakan perasaan sedihnya. “Saya telah menyimpulkan bahwa rencana aksi komprehensif bersama ini adalah pilihan terbaik yang tersedia untuk mencegah Iran dari kepemilikan bom nuklir.”

Partai Republik telah bersatu dalam oposisi mereka terhadap kesepakatan Iran, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut hanya akan “menyemangati” Iran.

Dua senator dari partai Demokrat – Chuck Schumer dari New York dan Robert Menendez dari New Jersey – juga menentang, seperti beberapa anggota Demokrat lain di parlemen.

Kongres telah disiapkan untuk mengadakan pemungutan suara pada akhir bulan ini, tapi Gedung Putih berharap dapat mengamankan tujuh orang tambahan untuk memungkinkan langkah legislatif yang dikenal sebagai filibuster.

Sebuah filibuster akan mencegah pemungutan suara final dan Obama tidak akan perlu menggunakan hak vetonya untuk menjaga kesepakatan Iran agar tetap berada di jalurnya.

Sumber: BBC