PT Best Profit Futures Malang

Negara Ini Bantu Dongkrak Harga Emas Dunia

Ilustrasi+Harga+Emas

BESTPROFIT FUTURES MALANG (2/3) – Harga emas di India diprediksi dapat naik sekitar US$ 5 per ounce, melampaui kenaikkan harga emas dunia pekan depan. Itu terjadi setelah Menteri Keuangan India Arun Jaitley mengurangi pajak impor ke level terendah akhir pekan lalu.

Mengutip laman Reuters, Senin (2/3/2015), musim pernikahan yang melebar hingga Mei biasanya juga meningkatkan permintaan emas. Tapi banyak pembelian yang ditunda karena pembeli memprediksi adanya pemangkasan pajak 10 persen.

Dalam beberapa pekan terakhir, pembelian emas sempat berkurang di Mumbai dan New Delhi.

“Sebelumnya, harga emas menurun karena para pembeli memprediksi pajak impor emas akan turun. Tapi kini harga emas akan naik hingga US$ 3 – US$ 4 per ounce,” ujar Rahul Gupta, Direktur P.P. Jewellers di New Delhi.

Pimpinan riteler emas Muthoot Pappachan, Keyur Shah mengatakan, para pengusaha emas dan manufaktur akan mengeluarkan pasokan yang mendorong naik harga emas US$ 5 per ounce. Sebelumnya, para penjual dan produsen emas memang menunggu pajak impor turun untuk mengeluarkan pasokan.

“Pekan depan, akan ada pembelian emas dalam jumlah besar,” kata Keyur.

Sekitar 20 ribu ton emas akan digelontorkan ke pasar menyambut penurunan pajak impor emas.

Analis Sudheesh Nambiath, India diprediksi dapat membeli lebih dari 90 ton pada Maret dibandingkan estimasi 50 ribu ton bulan ini. Meskipun pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi tidak memangkas bea impor pada 2013, saat ini pembatasan pembelian emas telah dilonggarkan. (Sis/Ndw)

Sumber : Liputan6