PT Best Profit Futures Malang

Naiknya Permintaan Global Bantu Minyak Catat Gain Mingguan

ilustrasi-minyak2

BESTPROFIT FUTURES MALANG (10/4) – Minyak mencatat gain mingguan ke-4 setelah Arab Saudi menyatakan bahwa harga telah stabil ditengah kenaikan permintaan global.

Kontrak berjangka minyak stagnan di New York dan mengalami kenaikan sebesar 3.4% dalam sepekan terakhir ini. Minyak telah mengalami pemulihan dari penurunan sementara, menurut Ibrahim al-Muhanna seorang penasihat Kementerian Perminyakan Arab Saudi. Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa hari Minggu besok harga untuk pengiriman minyak mentah ke Asia untuk bulan Mei dinaikkan, hal tersebut merupakan sinyal pulihnya permintaan minyak.

Namun demikian sepanjang tahun 2015 ini minyak masih menderita penurunan sebesar 4.7% ditengah spekulasi melimpahnya minyak global yang telah menyebabkan minyak mengalami penurunan hampir 50% pada 2014 lalu akan bertahan. Pekan lalu pasokan minyak mentah di AS naik tajam dalam kurun waktu 14 tahun terakhir ini, sehingga meningkatkan pasokan dari rekornya, hal etrsebut menurut data dari EIA (Energy Information Administration).

WTI (West Texas Intermediate) untuk pengiriman bulan Mei berada di level $50.80 per barel pada perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange dengan naik 1 sen pukul 9:53 pagi ini waktu Sydney. Kamis kemarin kontrak berjangka WTI mendulang gain 37 sen ke level $50.79.

Sementara kemarin Brent untuk penyelesaian bulan Mei naik $1.02 atau 1.8% ke level $56.57 per barel di Bursa ICE Futures Europe, London. Minyak mentah acuan Eropa tersebut mengakhiri sesi lebih tinggi sebesar $5.78 dibanding WTI. (bgs)

Sumber : Bloomberg