PT Best Profit Futures Malang

Musim Dingin AS Dongkrak Permintaan Minyak, WTI Naik Untuk Mingguan Ke-5

peak-oil-demand-is-coming-but-heres-why-its-not-good-news-700x357

BESTPROFIT FUTURES (14/02) -Minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) catat gain mingguan kelimanya akibat musim dingin di AS yang mendorong permintaan minyak di Negeri Paman Sam tersebut.

Kontrak berjangka sedikit berubah di New York, mencatat reli mingguan tertingginya sejak awal tahun. Pada pekan lalu, pasokan bahan bakar seperti minyak pemanas dan diesel turun ke level terendahnya sejak 2003 silam, menurut (EIA) Energy Information Administration. Bulan Januari tahun ini merupakan musim paling dingin sepanjang tahun dalam lebih dari 1 dekade terakhir dan salju tebal menyelimuti seluruh bagian utara AS. Menurut pemerintah, produksi minyak Libya turun setelah pengunjuk rasa menutup saluran pipa.

WTI untuk pengiriman bulan Maret berada pada level $100.20 per barel, turun sebesar 15 sen pada perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pukul 11:34 pagi waktu Sydney. Pada pekan ini kontrak naik 0.3%, menuju kenaikan tertingginya sejak Februari 2013. Volume semua kontrak berjangka diperdagangkan sebesar 18% dibawah rata-rata 100 hari.

Minyak jenis Brent untuk penyelesaian bulan Maret turun 6 sen ke level $108.73 per barel pada ICE Futures Europe Exchange, London. April yang merupakan bulan kontrak paling aktif naik sebesar 17 sen ditutup pada level $108.52. Acuan minyak mentah Eropa mengakhiri sesi perdagangan lebih tinggi sebesar $8.38 dari WTI. (bgs)

Sumber : Bloomberg