PT Best Profit Futures Malang

Microsoft Edge vs Google Chrome, Cepat Mana?

030871700_1438246054-microsoft-edge-vs-chrome-browser-speed-test

BESTPROFIT FUTURES MALANG (31/7) – Micorosoft telah melengkapi Windows 10 dengan browser terbaru mereka yang diberi nama “Edge”. Mesin peramban modern yang menggantikan posisi Internet Explorer (IE) di sistem operasi Windows 10 itu diklaim lebih ringan, cepat, serta terkoneksi dengan asisten virtual Cortana.

Kehadiran Edge diharapkan mampu menutupi kelemahan IE yang dinilai gagal bersaing dengan browser modern lain seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Bila dibandingkan dengan browser populer Chrome, bagaimanakah sebenarnya performa dari Edge?

Untuk membuktikannya, jurnalis teknologi Raymond Wong dari Mashable telah melakukan serangkaian uji coba. Hasilnya dapat dilihat seperti berikut ini.

Uji coba menggunakan Futuremark Peacekeeper

Futuremark Peacekeeper adalah software benchmark berbasis JavaScript yang digunakan untuk menghitung kecepatan rendering browser dari HTML5 ke Document Object Model operations. Browser yang memiliki skor tertinggi adalah yang terbaik.

Dan hasilnya, Chrome masih lebih unggul dengan mencatatkan skor rata-rata 3917. Sedangkan Edge hanya mampu menghasilkan skor rata-rata 2525.

Uji coba menggunakan SunSpider JavaScript

SunSpider juga merupakan software benchmark yang berbasiskan JavaScript. Software ini digunakan untuk melihat browser mana yang memiliki kemampuan enkripsi lebih baik.

Dan hasilnya, kali ini Edge yang menang. Microsoft Edge tercatat mendapatkan skor 103.5ms, sedangkan Chrome 267.4ms. Skor terendah dalam tes ini adalah yang lebih baik.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil uji coba tersebut, Wong menyimpulkan bahwa secara speed, Google Chrome masih yang terbaik. Namun, kecepatan maksimalnya akan berkurang drastis jika pengguna menambahkan banyak ektensi pada browser.

Sementara untuk Microsoft Edge, meski kecepatannya masih berada di bawah capaian Chrome, browser ini cukup konsisten dalam mempertahankan speed.

(dhi/dew)

 

Sumber : Liputan6