PT Best Profit Futures Malang

Meteor `Fireball` Terbang Lintasi Langit Bumi

088362700_1438588605-Capture

BESTPROFIT FUTURES MALANG (4/8) – Beberapa hari lalu, penampakan meteor atau bintang jatuh kembali terlihat di wilayah Argentina pada malam hari.

Lewat sebuah video yang beredar di YouTube, penampakan yang direkam oleh kamera milik warga setempat tersebut memperlihatkan meteor warna hijau dan berekor api yang terbang melesat melintasi awan.

Di akhir video, tampaknya meteor tersebut jatuh dalam jarak yang tidak dapat ditentukan. Sontak, video penampakan meteor itu membuat heboh warga Argentina dan netizen di dunia maya.

Video penampakan meteor ini memiliki durasi sekitar 18 detik dan diunggah di channel YouTube dengan akun bernama ZeepGames.

Video tersebut rupanya bukan satu-satunya video yang memperlihatkan penampakan si meteor hijau. Pada saat yang bersamaan, warga setempat pun memanfaatkan momen itu untuk merekam meteor yang melintasi wilayah mereka pada malam itu. Peristiwa ini semakin diperkuat oleh penjelasan dari beberapa saksi mata yang melihat peristiwa langka ini.

Objek dengan sebutan `shooting star` ini tak hanya terbang melesat di wilayah Argentina saja. Beberapa saksi mata dari wilayah Rio Grande do Sul, Brasil dan wilayah Uruguay pun mengatakan bahwa mereka melihat objek tersebut pada malam yang sama.

Melansir informasi TechEblog, Selasa (4/8/2015), Francisco Diego selaku Peneliti Senior di Department of Physics and Astronomy, University College London mengatakan bahwa sistem tata surya memiliki banyak objek alami luar angkasa seperti puing-puing bebatuan yang terbang bebas di ruang hampa.

Ketika objek tersebut terbang melintasi Bumi, maka batu luar angkasa tersebut akan terbakar dan jatuh melewati lapisan atmosfer Bumi.

Ia melanjutkan, untuk objek batu ukuran besar disebut dengan `fireball` atau bola api. Terungkap, objek yang baru saja melewati di wilayah Argentina belakangan ini adalah fireball.

Selain bebatuan luar angkasa, juga terdapat objek lain seperti potongan roket, satelit tua dan `sampah luar angkasa` lainnya yang berada di orbit rendah Bumi.

Biasanya, objek-objek tersebut terbakar di atmosfer Bumi. Namun, tidak perlu ada yang harus dikhawatirkan dari peristiwa ini. Bagaimanapun, perlu diingat bahwa benda meteorit yang jatuh ke Bumi harus tetap diawasi karena sewaktu-waktu dapat menciptakan kerusakan.

Sumber : Liputan6