PT Best Profit Futures Malang

Melemahnya Pertumbuhan Output Industri China Tekan Saham Asia

hang-seng-460_1008606c

BESTPROFIT FUTURES (15/9) – Saham Asia jatuh, menyeret ekuitas regional melemah untuk hari ketujuh, pasca pertumbuhan melemahnya output industri China sejak tahun 2008 lalu. menambah bukti bahwa ekonomi dunia terbesar kedua tersebut sedang kehilangan momentum.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang Index turun sebesar 0,2 persen ke level 499,72 pukul 10:01 pagi di Sydney. Pasar finansial Jepang ditutup untuk liburan, sedangkan pasar finansial di China dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan. Indeks regional, berada jalur penurunan beruntun terpanjangnya sejak Juni 2011 silam, turun sebesar 2,5 persen pekan lalu, penurunan mingguan terbesar sejak Maret lalu.

produksi pabrik China naik sebesar 6,9 persen pada Agustus lalu dari tahun sebelumnya, Badan Biro Statistik Nasional mengatakan pada jumat kemarin di Beijing, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 9 persen pada bulan Juli lalu dan 8,8 persen estimasi ekonom yang survei oleh Bloomberg News. Penjualan ritel naik sebesar 11,9 persen dan investasi aset tetap pada periode Januari-Agustus naik sebesar 16,5 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg