PT Best Profit Futures Malang

Kulkas Cerdas Mudah Diretas

Raksasa elektronik Korea Selatan, LG, mulai memamerkan sebuah konsep baru, yakni peralatan rumah yang makin cerdas karena bisa terhubung satu sama lain. Bahkan ada yang kulkas yang bisa diajak ‘bicara’.

Tapi kecanggihan itu tampaknya belum disertai keamanan yang mumpuni. Perusahaan perlindungan data Proofpoint melansir, bahwa kulkas dengan koneksi internet belum aman, bahkan ada yang berhasil diretas untuk mengirimkan pesan sampah.

Jumlah peredaran spam yang berasal dari peralatan rumah tangga pun tak main-main. Konon saat ini ada sekitar 100 ribu spam yang dikirim lewat peralatan rumah tangga, termasuk kulkas pintar.

“Saat ini banyak perangkat yang kurang terlindungi, dan konsumen nyaris tidak tahu caranya mendeteksi atau memperbaiki perangkat mereka yang terinfeksi,” kata David Knight, General Manager of Proofpoint Information Security division.

Namun spam yang banyak beredar itu tidak hanya berasal dari kulkas pintar, televisi, konsol game, kamera sekuriti, bahkan microwave dituding ikut ambil bagian.

Seperti dikutip detikINET, ke depannya akan semakin banyak peralatan rumah tangga yang terhubung internet. Bahkan lembaga IDC memperkirakan bakal ada 200 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020 nanti.

Dengan masuknya internet di area ‘dapur’, maka para pemain di industri keamanan internet diharapkan bisa memberikan proteksi lebih, perlindungan yang menyeluruh secara end-to-end.

Sumber dari http://inet.detik.com