PT Best Profit Futures Malang

Kondisi Bisnis Australia Masih Optimis Meski Ekonomi Lemah

australia-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG (12/5) – Berdasarkan survey bulanan yang dilakukan oleh National Australia Bank terhadap 350 pebisnis diluar sektor pertanian mengenai kondisi perekonomian Australia saat ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan bisnis Australia periode April dilaporkan tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Indeks kepercayaan bisnis Australia di bulan April dilaporkan berakhir pada skor 3, skor yang sama seperti pada bulan sebelumnya. Indeks ini adalah indikator awal untuk pengeluaran konsumen, perekrutan tenaga kerja dan investasi. Angka indeks lebih besar 0 (nol) menunjukkan ekspansi bisnis, dan dibawah 0 menunjukkan kontraksi.

Penurunan suku bunga yang dilakukan RBA pada bulan Mei ini dinilai harus mampu memberikan kontribusi terhadap tingkat keyakinan yang lebih baik dalam beberapa bulan mendatang. Meskipun tidak menunjukkan adanya kenaikan skor, namun dengan masih terjagangan indeks kepercayaan bisnis Australia pada bulan lalu sudah merupakan sebuah sinyal positif bahwa para pelaku bisnis di Negeri Kanguru ini masih cukup optimis terhadap prospek ekonomi negaranya.

Padahal sebelumnya, Bank sentral Australia (Reserve Bank Australia/RBA) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dan inflasi Australia untuk tahun 2015 serta 2016. Perlambatan ekonomi diperkirakan masih akan berlangsung dalam periode lebih lama dari yang diharapkan.  RBA dalam laporan kebijakan moneter triwulan I-nya pekan lalu menyampaikan bahwa ekonomi Australia diperkirakan tumbuh 2,5 persen pada tahun ini. Proyeksi itu menurun dari perkiraan sebelumnya di kisaran 2,25-3,25 persen.

Sumber : Vibiznews