PT Best Profit Futures Malang

Kenaikan Nikkei Terbatas oleh Data Surplus Perdagangan yang Kurang Greget

japan-world-markets.jpeg12-1280x960

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi kenaikan yang lumayan (12/5). Bursa saham Jepang bergerak menguat di tengah kondisi mixed di pasar Asia, sementara para pelaku pasar masih menantikan kelanjutan dari krisis geopolitik yang terjadi di berbagai belahan dunia.
Pagi hari ini bursa saham Jepang memperoleh dukungan menguat dari melemahnya mata uang yen Jepang. Akan tetapi momentum kenaikan tampak terbatas karena rilis data pagi ini menunjukkan bahwa surplus perdagangan Jepang berada di bawah ekspektasi pada bulan Maret yang lalu.
Saham-saham di sektor keuangan menjadi fokus setelah data menunjukkan bahwa pinjaman perbankan di bulan April mengalami kenaikan lebih dari 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Mitsubishi UFJ dan Sumitomo Mitsui Financial mengalami kenaikan sebesar lebih dari 1 persen. Mizuho Financial terangkat menguat 0.5 persen.
Hari ini indeks spot Nikkei menguat sebesar 6.43 poin atau 0.05 persen dan berada pada posisi 14206.02 poin. Indeks berjangka pagi ini dibuka pada posisi 14225 poin, menguat sebesar 55 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir minggu lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa Jepang pada sesi perdagangan hari ini akan cenderung bergerak menguat terbatas. Indeks Nikkei 225 ini berpotensi mengalami pergerakan pada kisaran 14150 – 14300 poin.

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN