PT Best Profit Futures Malang

Indeks Topix Jepang Sesi 1 Berayun Pasca Yen Melemah

index

BESTPROFIT FUTURES (5/9) – Indeks Topix Jepang berayun antara keuntungan dan kerugian seiring yen jatuh ke level terendahnya hampir enam tahun terakhir menyusul keputusan Bank Sentral Eropa untuk menurunkan tingkat suku bunga dan mulai membeli asset.

 

Saham Toyota Motor Corp, perusahaan produsen mobil yang mendapat tiga perempat dari pendapatan luar negeri, naik sebesar 0,6 persen. saham Sekisui House Ltd melonjak sebesar 2,5 persen setelah pemborong mengatakan meningkatnya laba dalam setengah tahun. Saham Artiza Networks Inc, perusahaan produk hardware dan software, anjlok sebesar 8,8 persen setelah perkiraan penurunan laba bersih. Penjelajah Energi dan maskapai penerbangan memimpin kerugian di antara 33 kelompok industri di Indeks Topix.

 

Indeks Topix sedikit berubah pada level 1,296.26 pada sesi 1 di Tokyo setelah sebelumnya naik sebesar 0,6 persen dan jatuh sebesar 0,1 persen. Indeks Topix menguat sebesar 0,5 persen memangkas penurunan untuk tahun ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 0,2 persen hari ini ke level 15,702.48. Sementara Yen memangkas penurunan setelah meluncur ke level 105,71 per dolar, level terendahnya sejak Oktober 2008 lalu.

 

Indeks Topix rebound 14 persen sejak 14 April lalu seiring bank sentral mendukung pertumbuhan ekonomi dengan langkah-langkah stimulus global dan spekulasi dana pensiun Jepang akan membeli saham lokal. Langkah ini menuju kenaikan sebesar 1,4 persen pekan ini pasca Yasuhisa Shiozaki ditunjuk sebagai menteri kesehatan pada 3 September kemarin untuk merombak investasi dana pensiun sebesar $ 1.2 trliun, dana pensiun terbesar di dunia. (knc)

Sumber : Bloomberg