PT Best Profit Futures Malang

Indeks Topix Jatuh dari Level Empat Bulan Tertinggi Akibat Penguatan Yen

index-jepang

BESTPROFIT FUTURES (12/06) – Saham Jepang jatuh mengirim indeks Topix turun dari level tertingginya dalam lebih dari empat bulan terakhir karena yen Jepang menguat dan saham AS mengalami koreksi.

Indeks Topix merosot sebesar 0,7 persen ke level 1,230.82 pukul 09:01 pagi di Tokyo pasca penutupan kemarin di level tertingginya sejak 29 Januari lalu. 31 saham kelompok sub industri melemah. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,8 persen ke level 14,951.92. Yen naik sebesar 0,1 persen ke level 102,01 per dolar setelah penguatan sebesar 0,5 persen dalam dua hari terakhir. Mata uang Jepang kemarin menyentuh level tertingginya dalam empat bulan terakhir terhadap euro.

Analis dari JPMorgan Chase & Co dan Pierpont Securities LLC kemarin mengatakan ekonomi AS kemungkinan mengalami kontraksi lebih dari yang diperkirakan pada kuartal pertama terkait penurunan pengeluaran kesehatan. Produk domestik bruto (PDB) turun sebesar 1,6 persen, JPMorgan mengatakan, lebih tajam daripada angka kontraksi yang direvisi sebesar 1 persen pada 29 Mei lalu.

Sementara indeks Topix naik sebesar 7,7 persen dari level terendahnya pada 21 Mei lalu. namun masih menjadi performa terburuk tahun ini di antara 24 pasar negara maju yang dilacak oleh Bloomberg. Indeks ditutup menghentikan reli tahun lalu karena Bank of Japan (BOJ) menekankan pelonggaran moneter ke rekornya. Bank sentral dijadwalkan mengadakan pertemuannya hari ini. (izr)

Sumber: Bloomberg