PT Best Profit Futures Malang

HSBC : Indeks Manufaktur China Naik Ke Level 4 Bln Tertingginya

url

BESTPROFIT FUTURES (03/06) – Indeks acuan manufaktur China naik ke level 4 bulan tertingginya, menambah tanda-tanda bahwa ekonomi sedang stabili terkait kebijakan stimulus yang meliputi pembangunan rel kereta api dan pengurangan pajak.

Indeks PMI dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics bulan Mei sebesar 49.4, naik dari 48.1 di April lalu. Pada waktu yang sama, analis memperkirakan sebesar 49.7 pada survei Bloomberg News.

Pemerintah China akan menurunkan persyaratan cadangan kas bagi beberapa perbankan, sehingga memberikan dukungan bagi para bisnis skala kecil dan meningkatkan alokasi dana anggaran, hal tersebut menuurt Perdana Menteri Li Keqiang ketika perteuan dan menetapkan target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 7.5%. Para otoritas dihadapkan dengan penurunan pasar property yang mengancam pertumbuhan ekonomi selagi mereka berupaya untuk mempertahankan pertumbuhan dengan adanya shadow banking, polusi dan korupsi.

PMI China naik bulan lalu naik sebesar 50.8, kenaikan tertinggi dalam 5 bulan terakhir, menurut rilis laporan tanggal 1 Juni lalu. Angka dibawah 50 memberikan sinyal adanya kontraksi. Angka pembacaan awal PMI dari HSBC sebesar 49.7.

Perkiraan pada angka pembacaan akhir dari 16 ekonom berkisar dari 49.5 hingga 49.9. Laporan HSBC-Markit berdasarkan pada survei dari lebih dari 420 perusahaan, sementara PMI dari pemerintah berdasar 3,000 perusahaan.

Pekan ini pemerintah pusat telah mengintensifkan upaya-upaya guna mempertahankan pertumbuhan ekonomi, meskipun setelah Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa negaranya membutuhkan adaptasi ┼ôkebijakan baru┬Ł pada laju pertumbuhan ekonominya. (bgs)

Sumber : Bloomberg