PT Best Profit Futures Malang

Harga Minyak Mentah WTI Melambung Tinggi, Investor Pantau Rusia

Oil-Wiki-700x357
Harga minyak mentah WTI di Bursa Nymex pada perdagangan Senin 22 Juli 2014 terpantau ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Penguatan harga minyak mentah WTI di Nymex dipicu oleh peningkatan tensi konflik Ukraina dan Rusia.
Pergerakan harga minyak mentah WTI pada perdagangan Senin lalu di Nymex, terpantau kembali mendapatkan dorongan penguatan signifikan dari perkembangan konflik Ukraina-Rusia. Perkembangan dari konflik tersebut, yang menyebabkan tertembaknya pesawat Malaysia Airlines MH 17 telah turut membawa AS untuk melakukan intervensi. Berdasarkan berita kelanjutan dampak penembakan tersebut, dikabarkan Obama telah menekankan tanggung jawab Vladimir Putin terhadap penembakan tersebut. Di sisi lain, imbas dari hal tersebut, investor melihat potensi gangguan aliran supply dari Rusia akibat kemungkinan peningkatan sanksi terhadap Rusia.
Sementara itu, pada pergerakan harga minyak mentah jenis Brent, harga minyak mentah jenis tersebut juga turut mendapatkan dorongan dari faktor geopolitik global. Kembali memanasnya konflik internal di Libia, terpantau menmbangkitkan kembali harga minyak mentah Brent di Nymex. Peningkatan harga minyak mentah jenis Brent dipicu oleh pertempuran di kawasan bandara Tripoli pada Minggu lalu. Sebelumnya, harga minyak mentah jenis Brent sempat memasuki masa lesu akibat peningkatan ekspor minyak mentah Libia.
Pada perdagangan Senin 21 Juli 2014 di Bursa Nymex, harga minyak mentah WTI terpantau ditutup menguat signifikan. Harga minyak mentah WTI berjangka Nymex untuk kontrak September 2014  naik hingga 0,89% ke tingkat harga $102,86/barrel atau menguat $0,91/barrel.
Sedangkan pada perdagangan minyak mentah jenis Brent, minyak mentah Brent juga ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak Desember 2014 naik 0,69% ke tingkat harga $108,08/barrel atau menguat $0,74/barrel.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga minyak mentah berpotensi untuk kembali menguat pada perdagangan hari ini di Nymex. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan sentimen positif dari faktor geopolitik global yang cukup kuat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $100,75-104 pada WTI dan $106,5-$109 pada Brent.
Sumber : Vibiznews