PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas Spot Comex Melesu Jelang Rentetan Data AS

gold-liberty-700x357
Harga emas di Bursa Comex pada perdagangan pertama di pekan ini, Senin 28 Juli 2014, terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas di Bursa Comex dipicu  oleh aksi wait and see terhadap beberapa data terkait perekonomian AS yang akan rilis pekan ini.
Aksi wait and see para investor terhadap beberapa rentetan data AS seperti hasil rapat The Fed, GDP kuartal AS, Non-Farm Payroll yang akan rilis pada Rabu dan Jumat memicu harga emas untuk sedikit melemah pada perdagangan pertama awal pekan ini di Comex. Faktor kekhawatiran akan potensi data-data yang akan berada dalam posisi positif khususnya pada rapat The Fed yang memungkinkan untuk mempercepat peningkatan suku bunga, cukup menjadi momok terhadap pergerakan harga emas.
Walaupun terdorong melemah akibat aksi wait and see yang tersupport oleh kekhawatiran akan kondisi positif perekonomian AS, harga emas masih dapat berada di atas kisaran $1.300/t oz pada perdagangan Senin di Comex. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi geopolitik global yang masih belum stabil khususnya terkait konflik Ukraina dan Rusia pasca tertembaknya MH 17 di Ukraina. Imbas dari hal tersebut, AS dan negara-negara Eropa berwacana akan memberikan sanksi terhadap perekonomian Rusia.
Pada penutupan perdagangan Senin 28 Juli 2014 di Bursa Comex, harga emas spot terpantau mengalami pelemahan tipis dini hari tadi. Harga emas spot Comex turun 0,31% ke tingkat harga $1.303,7/t oz atau melemah 4,1/t oz.
Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas berjangka tidak mengalami perubahan bila dibandingkan dengan harga penutupan Jumat lalu. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 tetap berada di tingkat harga $1.303,3/t oz.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung melanjutkan pola pergerakan pada perdagangan Senin di perdagangan hari ini. hal tersebut dilandasi oleh masih kurangnya dorongan sentimen pasar jelang rilis-rilis data penting terkait perekonomian AS yang baru akan dimulai pada Rabu 30 Juli 2014. terkait pergerakn hargam range normal harga emas pada perdagangan hari ini akan berada di kisaran $1.296,5-$1.312,5/t oz. Posisi pergerakan harga emas spot Comex sendiri pada saat berita ini diturunkan sedang berada di tingkat harga $1.304,06 atau menguat 0,03%.
Sumber : Vibiznews