PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas Naik Signifikan Di Akhir Pekan; Fed Diperkirakan Akan Perlambat Tapering

emas-326x159
BESTPROFIT FUTURES (13/01) – Pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga emas mengalami kenaikan tajam, baik di pasar spot maupun berjangka (13/01). Harga komoditas logam mulia tersebut mengalami kenaikan terbesar dalam satu minggu setelah data NFP di AS mengalami kenaikan yang tidak sebanyak ekspektasi. Ini meningkatkan spekulasi bahwa Fed akan memperlambat program tapering-nya.
NFP mengalami kenaikan sebesar 74,000 saja di bulan Desember lalu. Kenaikan ini lebih kecil bahkan dibandingkan dengan proyeksi yang paling pesimis. Sebelumnya proyeksi median berada pada level 241,000.
Harga emas spot LLG ditutup pada posisi 1246.75 dollar per troy ons Sabtu dini hari lalu. Harga komoditas tersebut membukukan kenaikan tajam sebesar 19.55 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas tersebut juga berada pada posisi paling tinggi sejak tanggal 6 Januari lalu.
Harga emas berjangka Comex untuk kontrak pengiriman bulan Februari tampak mengalami kenaikan sebesar 1.4 persen dan ditutup pada posisi 1246.90 dollar akhir pekan lalu. Peningkatan harian emas berjangka ini merupakan yang paling besar sejak tanggal 2 Januari. Harga emas sempat melemah sebesar 0.2 persen pada sesi perdagangan tersebut.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan emas baik spot maupun berjangka akan cenderung mengalami kenaikan lanjutan. Harga komoditas ini diperkirakan akan bergerak pada kisaran 1230 – 1260 dollar per troy ons.