PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas LLG Melemah, Sektor Non Manufaktur AS Menguat Signifikan

gold-wiki-700x357
Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Selasa 5 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh data sektor non-manufaktur Amerika Serikat yang naik hingga level tertinggi dalam 8,5 tahun.
Penguatan sektor jasa Amerika Serikat yang naik signifikan pada bulan Juli, terpantau memberikan tekanan sentimen negatif kuat terhadap pergerakan harga emas pada perdagangan Selasa lalu. Sektor jasa Amerika Serikat yang naik hingga 2,7 poin ke level 58,7 dan mengalahkan ekspektasi di 56,3, memberi indikasi kuat penguatan sektor jasa di Amerika Serikat. Dampak dari data tersebut, setelah cukup tertekan oleh data GDP kuartal 2 Amerika Serikat pekan lalu, demand terhadap aset safe haven kian tergerus.
Walaupun demikian, harga emas pada perdagangan Selasa lalu terpantau hanya mengalami pelemahan terbatas. Hal tersebut disebabkan oleh kecenderungan negatifnya pergerakan bursa saham di kawasan Asia. Pada perdagangan di bursa saham Asia kemarin, sektor jasa TIongkok yang turun drastis dari level 53,1 ke 50 memberikan sentimen negatif kuat terhadap pergerakan bursa saham Asia. Dampak dari hal tersebut, harga emas sempat menguat pada perdagangan sesi Asia.
Pada perdagangan Selasa 5 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah tipis di penutupan dini hari tadi. Harga emas LLG turun 0,09% ke tingkat harga $1.291,70/t oz atau melemah $1,15/t oz.
Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas terpantau juga ditutup melemah. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,28% ke tingkat harga $1.285,3/t oz atau melmeah $3,6/t oz.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung untuk bergerak melemah akibat aksi wait and see terhadap beberapa data penting yang akan rilis hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh akan rilisnya data neraca perdagangan Amerika Serikat serta keputusan penetapan suku bunga di kawasan Inggris oleh Bank of England and juga kawasan EURO oleh European Central Bank. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.287,5-$1295,30 pada emas LLG dan $1.276-$1.299,75 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014.
Sumber : Vibiznews