PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas LLG Melemah, Investor Waspada Tingkat Suku Bunga AS

gold-bullion-700x357
Harga emas LLG pada perdagangan Senin 7 Juli 2014 terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh pergerakan nilai USD akibat ekspektasi akan adanya peningkatan tingkat suku bunga di AS dalam waktu yang lebih cepat dibandingka ekspektasi.
Pengaruh data perekonomian AS yang terpantau telah berada dalam kondisi positif pada pekan lalu, masih memberikan sentimen negatif kuat baik langsung maupun tidak langsung terhadap pergerakan harga emas. Indikasi perbaikan perekonomian AS dari data-data Kamis lalu terkait data pekerja, melemahkan minat investasi terhadap aset safe haven meskipun kondisi geoplolitik global masih belum stabil. Hal tersebut, menjadi dampak langsung dari positifnya data pekerja AS yang berimbas pada melemahnya pergerakan harga emas dari faktor fundamental.
Dampak tidak langsung dari positifnya data pekerja AS, dipicu oleh ekspektasi akan adanya pemercepatan peningkatan tingkat suku bunga di AS. Berdasarkan kondisi pekerja yang mulai stabil dengan lonjakan pekerjaan baru pada Juni lalu dan tingkat pengangguran yang telah turun hingga level 6,1%, walaupun masih dianggap terlalu dini, investor memandang probabilita peningkatan suku bunga AS akan dipercepat di pertengahan 2015. Imbas dari adanya ekspektasi tersebut, nilai USD terpantau mengalami penguatan sehingga berdampak pada pelemahan daya beli emas oleh para investor.
Pada perdagangan Senin 7 Juli 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas LLG turun 0,05% ke tingkat harga $1.320/t oz atau melemah $0,6/t oz.
Sedangkan pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup melemah. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,27% ke tingkat harga $1.317/t oz.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan cenderung untuk tertekan melemah. Hal tersebut dilandasi oleh masih kuatnya pengaruh sentimen negatif dari perbaikan perekonomian AS. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.310-$1.325 pada emas LLG dan $1.307-$1.326,5 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014.
Sumber : Vibiznews