PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas Ditutup Naik Jelang Natal Terbantu Pelemahan Dollar

Best Profit Bestprofit PT Bestprofit

BESTPROFIT FUTURES MALANG (28/12) – Harga emas naik pada hari Kamis, karena pelemahan dolar menjelang liburan Natal dan pemulihan harga minyak membantu sentimen.

Harga emas spot naik 0,69 persen menjadi 1,075.80 dollar per troy ons, setelah kehilangan 0,7 persen dalam dua sesi terakhir. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari naik $ 7,60 pada 1,075.90 dollar per troy ons.

Harga emas telah turun 9 persen sepanjang tahun ini, tahun ketiga kerugian, sebagian besar karena ekspektasi Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga, yang akhirnya terjadi bulan Desember ini.

Dengan kenaikan suku bunga AS pertama dalam hampir satu dekade ini, maka fokus sekarang pada laju kenaikan masa depan, kata para analis.

Dolar tergelincir 0,3 persen terhadap sekeranjang mata uang utama, turun untuk sesi keempat dari lima.

Data pada hari Kamis menunjukkan klaim pengangguran AS mingguan tergelincir lebih dari perkiraan dekat rendah 42 tahun.

Data pesanan baru untuk barang modal AS diproduksi turun pada bulan November dan sentimen konsumen berada pada posisi tinggi lima bulan pada bulan Desember.

Di pasar lain, harga minyak mentah mantap di atas $ 37 per barel, hari keempat dari keuntungan setelah mencapai terendah sejak awal 2009, Senin.

Emas berkorelasi positif dengan minyak sebagai logam dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang dipimpin minyak.

Pada harga logam lainnya, harga Perak naik 0,4 persen menjadi $ 14,33 per ons, sementara harga paladium naik 0,7 persen menjadi $ 558,65 dan harga platinum naik 1,1 persen pada $ 877,35.

Diperkirakan harga emas masih berpotensi melemah dengan kenaikan suku bunga AS, yang akan semakin meningkatkan dollar AS dan juga potensi pelemahan harga minyak mentah. Diperkirakan harga emas akan mencoba menembus level Support 1,074-1,072, dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance 1,078-1,080.