PT Best Profit Futures Malang

Harga Emas Bergerak Rebound; Ada Harapan Fed Tunda Tapering

emas-326x159BESTPROFIT FUTURES (18/12) – Pada perdagangan elektronik di Asia hari ini harga emas terpantau mengalami kenaikan (18/12). Harga emas menguat di tengah spekulasi bahwa Fed akan menunda proses tapering pada pengumuman kebijakan moneternya Kamis dini hari besok.

Harga emas telah mengalami penurunan sebesar 26 persen sepanjang tahun ini dan mengarah untuk mengalami penurunan tahunan pertama sejak tahun 2000, di tengah spekulasi bahwa Fed akan mulai menurunkan besaran program pembelian obligasi bulanan yang saat ini sebesar 85 miliar dollar per bulan.

Sebagian besar analis memperkirakan bahwa Fed akan mengumumkan dimulainya pemotongan pembelian obligasi tersebut pada akhir pertemuan bulanannya Kamis dini hari. Akan tetapi sebagian lagi memperkirakan bahwa pengurangan stimulus baru akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Hari ini harga emas spot LLG terpantau mengalami kenaikan dan berada pada posisi 1233.05 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut naik 2.25 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya dini hari tadi.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pergerakan yang menguat meskipun masih terbatas. Para pelaku pasar masih menantikan kepastian kelanjutan program stimulus moneter The Fed sebelum memutuskan untuk mengambil posisi. Diperkirakan pada perdagangan malam nanti akan terjadi pergerakan yang cukup tajam. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1220 – 1240 dollar per troy ons.