PT Best Profit Futures Malang

Enam Cara Jaga Reputasi di Tempat Kerja

Bagi Anda yang sering mengabaikan pentingnya reputasi di tempat kerja, hati-hati, hal tersebut merupakan bagian paling krusial dari sebuah kepemimpinan. Artinya, reputasi dapat menentukan seberapa jauh Anda melangkah maju ke jenjang karir yang lebih baik.

Seperti dikutip dari Forbes, Rabu (7/5/2014), reputasi yang positif dapat menjamin baiknya pola kepemimpinan Anda di kantor. Demi menjaga reputasi tetap baik di hadapan rekan kerja atau bawahan, Anda harus benar-benar berpikir sebelum bersikap.

“Anda harus berpikir dengan melihat kepentingan orang lain dan bagaimana menyampaikan berbagai persoalan pada orang lain. Itu dapat membuat orang lain merasa dihargai, bukan sekadar diacuhkan,” ungkap Pimpinan dan CEO Dale Carnegie Training Peter Handal.

Menurut Handal, seseorang yang dapat menjaga reputasinya di depan orang lain akan menjadikannya lebih cepat sukses. Alasannya, dia membuat orang lain merasa dapat mempercayainya sebagai pemimpin.

Demi menjaga reputasi positif di tempat kerja, berikut enam triknya:

1. Sadari jabatan Anda

Jangan terkecoh, konsultan karir global Emilu Bennington mengatakan, jabatan Anda sangat penting di tempat kerja. Benar atau salah, bagaimana orang menilai dan menghargai Anda sangat bergantung pada jabatan pribadi di perusahaan.

2. Memahami tanggung jawab Anda

Bennington mengatakan, tak masalah berapa lama Anda bekerja di sebuah perusahaan, memahami seluruh tanggung jawab yang harus dipenuhi merupakan hal yang sangat penting.

Bahkan bila perlu, Anda menulis seluruh pekerjaan yang menjadi tanggung jawab di kantor. Dengan mengetahuinya secara jelas, itu dapat memudahkan Anda menguasai seluruh pekerjaan dan bahkan naik jabatan.

3. Mengetahui tujuan Anda ke depan

Guna terus melangkah maju dalam berkarir, Anda harus mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan dalam jenjang karir selanjutnya. Tulislah tujuan-tujuan Anda di masa depan.

Dengan begitu, Anda akan memahami apa yang tengah dikerjakan dan diperlukan demi mencapai pekerjaan idaman di masa depan. Tentu saja, Anda harus memiliki rencana karir dan komitmen besar terhadap perusahaan.

4. Jaga citra Anda di depan orang lain

Menghargai dan menghormati orang lain dapat menjadi cara Anda memperoleh rasa hormat dari atasan, rekan kerja, atau anak buah di kantor. Tapi saat citra Anda di perusahaan rusak, maka orang lain akan secara otomatis menganggap citra Anda buruk.

5. Harus percaya diri

Jagalah kepercayaan diri Anda saat bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Rasa percaya diri tersebut dapat membuat orang yakin dan menghargai cara kerja Anda di kantor.

6. Sabar

Saat Anda merasa ambisius, maka perasaan pribadi akan mudah merasa frustasi dan kehilangan kekuatan untuk mencapai kesuksesan. Maka satu-satunya cara agar orang lain menghargai Anda adalah dengan bersikap sabar dan tidak emosional.

Tunjukkan pada rekan kerja dan bawahan bahwa Anda selalu dapat melihat gambaran besar dari sebuah persoalan dan tidak langsung terbakar emosi. Terlebih lagi, keputusan yang dibuat dengan ketidaksabaran akan cenderung keliru dan merugikan diri sendiri bahkan perusahaan.

Sumber dari bisnis.liputan6.com