PT Best Profit Futures Malang

Emas Turun Dalam 3 Bln Terakhir

Gold bars

BESTPROFIT FUTURES (20/03) – Emas mengalami penurunan terbesar dalam tiga bulan terakhir setelah Federal Reserve akan mengurangi stimulus moneter AS dan pejabat lainnya memperkirakan kenaikan suku bunga pada tahun 2015, membatasi permintaan untuk logam sebagai penyimpan nilai.

The Fed mengurangi laju pembelian obligasi bulanannya sebesar $ 10 miliar menjadi $ 55 miliar dan 13 dari 16 peserta Federal Open Market Committee mengharapkan peningkatan suku bunga utama tahun depan. Spot emas telah kehilangan 3,9 persen dalam minggu ini terhadap tanda-tanda bahwa perekonomian Amerika mulai keluar dari perlambatan akibat cuaca musim dingin yang menerpa Amerika beberapa waktu yang lalu.

Emas untuk pengiriman segera merosot 1,9 persen menjadi $ 1,329.80 per ons pada pukul 3:27 di New York, menuju penurunan terbesar sejak 19 Desember lalu.

Emas berjangka untuk pengiriman April menetap 1,3 persen lebih rendah pada $ 1,341.30 di Comex New York. Logam turun untuk hari ketiga berturut-turut, kemerosotan terpanjang dalam 10 minggu terakhir. Logam naik ke enam bulan tertinggi di level $ 1,392.60 pada 17 Maret di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Dalam tahun ini, emas telah mengalami kenaikan sebesar 12 persen setelah tanda-tanda perlambatan pertumbuhan global dan gejolak di Eropa Timur meningkatkan permintaan emas sebagai aset haven. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya tidak berusaha untuk memecah Ukraina. AS dan Eropa berjanji memberikan sanksi yang lebih untuk pergerakan Rusia dalam mencaplok Krimea.(frk)

Sumber : Bloomberg