PT Best Profit Futures Malang

Emas Stabil Dekat Tertinggi 4 Bulan Terkait Permintaan Safe-haven

gold-aus-700x357

BESTPROFIT FUTURES (14/07) – Singapura – Emas stabil di dekat level tertinggi empat bulan pada hari Senin, didukung oleh pembelian safe haven dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan berlarut-larutnya kekhawatiran tentang bank terbesar Portugal.

 

FUNDAMENTAL

 

* Spot emas sedikit berubah di level $ 1,338.20 per ons pada pukul 07:34 WIB. Spot emas mencatat kenaikan mingguan keenam pada Jumat lalu.

 

* Pekan lalu, logam kuning telah mencapai level $ 1,345 “ yagn merupakan level tertinggi sejak Maret, setelah kekhawatiran terkait stabilitas keuangan bank terbesar Portugal, Banco Espirito Santo yang mengguncang pasar ekuitas dan memicu kekhawatiran krisis Eropa.

 

* Di tempat lain, Israel menunda rentetan ancaman eskalasinya terhadap Jalur Gaza pada hari Senin meskipun menolak ajakan Barat untuk melakukan gencatan senjata dengan Hamas.

 

* Pada hari Minggu, militer Israel telah memperingatkan penduduk disekitar kota perbatasan utara Beit Lahiya untuk meninggalkan kota atau mempertaruhkan hidup mereka ketika, setelah malam tiba, militer Israel berencana untuk mengintensifkan serangan udara terhadap pos-pos roket Palestina yang berada di antara rumah-rumah penduduk.

 

* Emas dipandang sebagai alternatif investasi untuk aset berisiko seperti ekuitas.

 

* Hedge fund dan manajer keuangan meningkatkan spekulasi bullish mereka terhadap emas dan perak berjangka serta opsi dalam seminggu hingga 8 Juli, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi atau Commodity Futures Trading Commission (CFTC), Jumat lalu.

 

* Pasar sedang menunggu kesaksian ketua Federal Reserve Janet Yellen dalam pekan ini sebagai petunjuk terkait ekonomi dan waktu dari kenaikan tingkat suku bunga bank sentral AS.

 

* Industri pertambangan emas meningkat posisi keuntungan bersih lindung nilai untuk pertama kalinya sejak tahun 2011 setelah penurunan harga emas mengkhawatirkan kreditor.(frk)

 

Sumber: Reuters