PT Best Profit Futures Malang

Emas Siap untuk Gain Mingguan; Fokus pada Data A.S

f9a75c054ba5f9f2f3c6e492886b6124

BESTPROFIT FUTURES (07/02) – SINGAPURA “ Komoditi emas sedikit berubah dihari Jumat menjelang rilis data kunci dari sektor pekerjaan A.S namun logam tersebut bersiap untuk membukukan gain untuk minggu keenam dari tujuh pekan yang ada seiring dengan ekuitas yang tetap gelisah terhadap kecemasan pertumbuhan ekonomi.

FUNDAMENTAL

* Sebagian besar spot emas diperdagangkan secara datar berada dilevel harga $1,256.35 per ons pada jam 00.20 GMT, dengan gain pekan ini dikisaran level 1%.

* Komoditi perak, mengikuti emas, pekan ini naik 4% – yang merupakan gain mingguan terbesar sejak pertengahan Agustus.

* Jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran pada pekan lalu turun melebihi ekspektasi, dalam sebuah dorongan pada outlook market ketenagakerjaan dan ekonomi yang lebih luas.

* Bagaimanapun juga berita mengenati kenaikan tersebut, secara tidak langsung dipengaruhi oleh rilis data lain dihari Kamis kemarin yang telah memperlihatkan sebuah kemerosotan dalam aktifitas ekspor A.S dibulan Desember silam.

* Pada saat ini pihak Market sedang menunggu rilis data payroll nonfarm A.S untuk mengukur kekuatan ekonomi dan kemungkinan berdampak pada langkah tapering stimulus the Fed.

* Market China dibuka kembali setelah libur panjang hari raya tahun baru Imlek dan dapat memberikan sebuah dorongan pada market emas fisik.

* Pihak parlemen Kyrgyzstan memberikan waktu pada pemerintahan hingga empat bulan kedepan guna memberikan hasil akhir sebuah draft kesepakatan dengan  pihak Centerra Gold dari Canada dalam membentuk 50-50 joint venture untuk menjalankan tambang emas Kumtor dinegara tersebut.

* Sebuah penurunan tajam dalam mata uang lira di Turki serta kenaikan harga emas dunia telah memangkas tingkat permintaan emas Turki dibulan Januari, yang telah mengurangi impor bullion bulanan hingga lebih dari 80%, seperti yang telah diperlihatkan oleh the Istanbul Gold Exchange. (Reuters)