PT Best Profit Futures Malang

Emas, Perak Turun ke Level Terendah dalam Empat Pekan Terkait Data Pekerjaan

gold-wiki-wiki-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG (5/6) – Emas dan perak berjangka jatuh ke level terendah dalam empat pekan terakhir pasca rilis laporan yang menunjukkan sedikitnya pekerja AS yang mengajukan klaim pengangguran, memicu kekhawatiran bahwa kuatnya pasar tenaga kerja AS mendorong Federal Reserve segera menaikkan suku bunga tahun ini.

Aplikasi untuk tunjangan pengangguran turun sebanyak 8.000 menjadi 276.000 pada pekan yang berakhir 30 Mei lalu, menurut laporan dari Departemen Tenaga Kerja hari ini waktu setempat. Kepemilikan emas ETF kembali turun pada Rabu ke level terendahnya sejak 2009 lalu.

Emas hapus keuntungan untuk tahun ini seiring kemajuan data pekerjaan menambah keyakinan bahwa ekonomi cukup kuat menopang tingginya biaya pinjaman, membuka jalan bagi The Fed untuk segera meningkatkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak 2006 lalu. Meningkatnya suku bunga dapat menekan daya tarik emas, yang tidak membayar bunga, karena investor akan beralih ke aset berimbal hasil lebih tinggi termasuk obligasi baru.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun sebesar 0,8 persen untuk menetap di level $1,175.20 per ons pukul 1:44 di Comex di New York. Sebelumnya, harga emas menyentuh level $1,172.40, terendah untuk kontrak teraktif sejak 1 Mei lalu.

Perak untuk pengiriman Juli turun sebesar 2,3 persen menjadi $16,103 per ons. Harga perak menyentuh level $16,08, terendah sejak 1 Mei lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg