PT Best Profit Futures Malang

Emas Naik Tajam Dalam Sembilan Bulan Terakhir, Perak Catat Lonjakan

emas-batangan-1
Emas melonjak ke level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir serta perak melonjak ke level 13 minggu tertinggi karena Federal Reserve mengatakan bahwa suku bunga AS turun, mendorong pelemahan dolar dan meningkatkan permintaan untuk logam mulia sebagai investasi alternatif.
Emas menyentuh level $ 1.300 per ons dan perak naik tajam dalam empat bulan terakhir. Dolar jatuh ke level terendah empat minggu terhadap sejumlah 10 mata uang utama.
Sekedar catatn, tahun lalu emas turun sebanyak 28% setelah beberapa investor kehilangan kepercayaan pada logam mulia sebagai nilai lindung ditengah reli di pasar ekuitas dan inflasi diredam. Komoditas ini naik 70% dari Desember 2008 sampai Juni 2011 silam seiring The Fed membeli utang dan mengadakan biaya pinjaman mendekati 0%
Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 3,3% untuk menetap di level $ 1,314.10 pada 1:36 di New York Comex, kenaikan terbesar untuk kontrak teraktif sejak 19 September. Sebelumnya, logam mulia mencapai level $ 1,317.40, yang tertinggi sejak 15 April lalu.(yds)

 

Sumber: Bloomberg