PT Best Profit Futures Malang

Emas Naik ke Tertinggi 16-Minggu Terkait Kekhawatiran Perbankan Portugal

gold-holdings-758833

BESTPROFIT FUTURES (11/07) – Emas berjangka naik ke posisi tertinggi 16-minggu terkait kekhawatiran perbankan di Portugal dan merosotnya ekuitas mendorong permintaan untuk logam mulia sebagai safe haven.

 

Di Portugal, obligasi Banco Espirito Santo SA jatuh ke rekor setelah perusahaan induk menunda catatan pembayaran utang jangka pendek, memicu kekhawatiran bahwa wilayah euro masih rentan terhadap guncangan keuangan. Indeks Standard & Poor 500 turun sebanyak 1 persen.

 

Emas telah naik 11 persen tahun ini, melampaui kenaikan untuk indeks komoditas, ekuitas dan obligasi. Kepemilikan investor dalam ETP berbasis logam telah mengalami rebound bulan ini karena merebaknya gejolak di Timur Tengah dan Eropa Timur. Palladium, platinum dan perak memperpanjang reli.

 

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 1,1 persen untuk menetap di level $ 1,339.20 per ons pada pukul 1:35 di Comex New York. Sebelumnya, harga emas mencapai $ 1,346.80, tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 19 Maret. Perdagangan adalah 48 persen lebih tinggi dari rata-rata 100-hari untuk saat ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

 

Pemerintah Ukraina menargetkan serangan ke separatis yang berada di dekat kota Donetsk dengan serangan udara, menewaskan sekitar 50 pejuang, setelah Uni Eropa siap untuk memperluas sanksi dalam menanggapi kekerasan pro-Rusia yang telah mengguncang negara itu sejak Maret. Israel mengerahkan 20.000 tentara untuk kemungkinan invasi darat dari Jalur Gaza untuk menghentikan serangan roket.(frk)

 

Sumber: Bloomberg