PT Best Profit Futures Malang

Emas Naik Ke Level 16 Pekan Tertingginya Akibat Penurunan Ekonomi AS

harga emas
BESTPROFIT FUTURES (25/02) – Emas dan perak naik ke level 16 pekan tertingginya di New York terkait spekulasi bahwa ekonomi AS yang mengalami penurunan pertumbuhan dan gejolak di Ukraina yang mendorong permintaan logam mulia sebagai asset safe haven.

Aktivitas perekonomian AS, seperti yang telah diukur oleh oleh Indeks Nasional Federal Reserve Chicago bulan Januari mengalami penurunan sebesar 0.39, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata para analis yang mengalami penurunan sebesar 0.2. Angka pembacaan dibawah 0 mengindikasikan tren pertumbuhan ekonomi yang menurun. Pemerintah Ukraina menyatakan negaranya membutuhkan dana sebesar $35 miliar dalam menopang keuangannya guna menghindari default setelah diterbitkan surat perintah penangkapan mantan Presiden Viktor Yanukovych yang melarikan diri.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan April naik 1.1% ke level penyelesaian $1,338 per ounce pukul 1:43 siang di Comex, New York, setelah menyentuh level $1,339.20, level tertingginya sejak tanggal 31 Oktober tahun lalu.

Setelah mengalami penurunan tajam pada tahun 1981, emas naik 11% sejak akhir bulan Desember tahun lalu dan telah mencatat gain bulanan keduanya. Saat ini harga emas Bullion mengalami rebound meskipun Federal Reserve melanjutkan pemangkasan stimulusnya.

Bullion melonjak 70% dari Desember 2008 hingga Juni 2011 setelah bank sentral menggelontorkan dana lebih dari $2 triliun ke dalam sistem keuangan. (bgs)

Sumber : Bloomberg