PT Best Profit Futures Malang

Emas Melonjak ke Level Tertingginya Pekan ini didorong Oleh Pelemahan Dolar

perhiasan_emas

BESTPROFIT FUTURES MALANG (31/12) – Emas berjangka naik ke level tertingginya dalam lebih dari sepekan terakhir ditopang oleh pelemahan ekuitas dunia turun dan dolar menuju penurunan pertama dalam tiga sesi terakhir, meningkatkan permintaan untuk emas sebagai aset alternatif.

Logam naik karena Yunani diperkirakan akan mengadakan pemilihan awal pada 25 Januari pasca Perdana Menteri Antonis Samaras gagal untuk mengamankan suara yang diperlukan untuk mempertahankan parlemen. Krisis utang yang sedang berlangsung di negara itu telah menimbulkan bahaya bagi ekonomi Eropa. Harga emas di euro naik sebesar 13 persen tahun ini.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 1,6 persen untuk menetap di level $1,200.40 per ons pada pukul 1:54 siang di Comex di New York, pasca menyentuh level $1,210.90, tertinggi sejak 18 Desember lalu. Harga emas turun sebesar 0,2 persen untuk tahun ini.

Indeks saham MSCI All-Country World meluncur sebesar 0,6 persen, menuju kerugian terbesar dalam dua pekan terakhir. Indeks Spot Dolar Bloomberg turun sebanyak 0,5 persen.

Yen menguat terhadap sebagian besar 31 mata uang utama seiring Bank of Japan mengatakan akan meningkatkan memperpanjang pembelian jatuh tempo obligasi pemerintah. (izr)

Sumber: Bloomberg