PT Best Profit Futures Malang

Emas Masih Bertahan di Level 3-Bln Tertinggi

gold2
BESTPROFIT FUTURES (13/02) – Harga emas menguat mendekati tiga bulan tertinggi pada Kamis pagi, hampir menembus level $1,300 per ons karena aksi short-covering serta harapan terhadap langkah pengurangan stimulus moneter di Amerika yang mengimbangi dampak negatif dari penguatan ekuitas global.

FUNDAMENTAL

* Spot emas tercatat naik 0.2% ke level harga $1,292.65 per ons pukul 07.24 WIB, tidak jauh dari tiga bulan tertingginya dilevel $1,295.91 yang tercapai Rabu kemarin.

* Safe haven emas, umumnya diperdagangkan berlawanan dengan harga ekuitas yang biasanya dianggap sebagai asset beresiko. Logam kuning telah berada dalam kondisi tersebut selama beberapa hari belakangan seiring dengan upaya untuk menuju ke level $1,300 yang sempat tercapai pada 8 November tahun lalu.

* Pekan ini ketua the Fed Janet Yellen telah mengatakan bahwa dia tidak akan membuat perubahan secara mendadak terhadap komitmen bank sentral untuk memangkas stimulus moneter secara bertahap.

* Chief executive dari Barrick Gold di Afrika akan mengatasi penurunan 28% terhadap harga emas tahun lalu dengan meningkatkan output produksi serta mengetatkan biaya operasional.

Berita Market

* Pasar saham berjangka Dunia bergerak naik untuk sesi keenam berturut hingga Rabu kemarin setelah terdapat peningkatan pada data perdagangan China yang meredam kecemasan mengenai lambatnya pertumbuhan global, sementara mata uang poundsterling Inggris naik menuju dua pekan tertingginya terhadap dolar.(tito)

Sumber : Reuters