PT Best Profit Futures Malang

Emas Berjangka Turun Akibat Pelemahan Minyak Memicu Kekhawatiran Deflasi

Ilustrasi+Harga+Emas
BESTPROFIT FUTURES MALANG (11/12) – Emas berjangka turun karena penurunan harga minyak yang mendorong kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap rendah, membatasi daya tarik logam sebagai lindung nilai.
Minyak mentah Brent dan West Texas Intermediate (WTI) turun ke posisi terendah dalam lima tahun setelah OPEC mengatakan bahwa mereka memperkirakan permintaan pasokan untuk tahun depan akan menjadi yang terendah sejak 2003. Korelasi antara emas dan minyak naik 0,38 pekan lalu, link terkuat sejak Juli 2013. Pembacaan dari 1 berarti komoditas bergerak berbaris.
Kemarin harga emas mencapai level tertinggi dalam enam minggu akibat terjadi penurunan di pasar ekuitas yang mendorong permintaan untuk aset alternatif. Federal Reserve akan bertemu pekan depan setelah pembuat kebijakan memperdebatkan waktu kenaikan suku bunga pertama dalam delapan tahun. Biaya pinjaman yang lebih tinggi memotong daya tarik emas karena emas umumnya menawarkan investor pengembalian hanya melalui kenaikan harga.
Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun 0,2% untuk menetap di level $ 1,229.40 per ons pada pukul 1:43 di Comex New York. Logam menyentuh level $ 1.239 kemarin, yang merupakan tertinggi sejak 23 Oktober.
Indeks saham MSCI All-Country dan Indeks Bloomberg Dollar Spot keduanya menuju penurunan untuk hari ketiga. Emas menyentuh level $ 1,130.40 yang merupakan level terendah empat tahun pada 7 November setelah ekuitas mengalami reli dan greenback naik ke level tertinggi lima tahun.(frk)
Sumber : Bloomberg