PT Best Profit Futures Malang

Emas Berjangka Melonjak ke Tertinggi Setelah Dolar Memangkas Reli

gold2

BESTPROFIT FUTURES (24/01) – Harga emas melonjak ke harga penutupan tertinggi dalam sembilan minggu setelah dolar memangkas reli terpanjang dalam delapan bulan terakhir, mendorong permintaan untuk logam mulia sebagai alternatif investasi.

Greenback, turun untuk pertama kalinya dalam delapan sesi terakhir, telah naik 1 persen pada bulan Januari terhadap sekeranjang 10 mata uang. Emas telah naik 5 persen pada bulan ini karena permintaan untuk koin, perhiasan dan bar meningkat setelah harga turun ke posisi terendah dalam enam bulan terakhir pada 31 Desember yang lalu.

Emas berjangka untuk pengiriman April naik 1,9 persen ditutup pada level $ 1,262.50 per ons pada pukul 1:40 siang di Comex New York, merupakan penutupan tertinggi sejak 19 November yang lalu. Gain tersebut adalah lonjakan terbesar sejak 10 Desember yang lalu. Perdagangan adalah 74 persen di atas rata-rata dalam 100 hari terakhir untuk kali ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pada tahun 2013 yang lalu, emas telah jatuh 28 persen, terbesar sejak 1981. Beberapa investor kehilangan kepercayaan dalam logam sebagai penyimpan nilai di tengah reli ekuitas AS ke rekornya dan inflasi diredam.

Hari ini, berjangka mencapai $ 1,267.10, harga intraday tertinggi sejak 10 Desember. Indeks Dow Jones Industrial Average menuju penurunan terbesar dalam empat bulan terakhir setelah ekuitas global menurun pasca indeks manufaktur China mengisyaratkan kontraksi.

Platinum berjangka untuk pengiriman April naik 0,1 persen menjadi $ 1,463.20 per ons di New York Mercantile Exchange. Sebelumnya, harga Platinum mencapai $ 1,470.70, tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 7 November yang lalu.

Setidaknya 70.000 pekerja di Afrika Selatan mulai mogok pada hari ini atas upah di tambang platinum terbesar di dunia tersebut. Penghentian ini akan mengganggu operasi akuntansi untuk 70 persen dari output global.

Perak berjangka untuk pengiriman Maret naik 0,9 persen menjadi $ 20,01 per ons di Comex.

Palladium berjangka untuk pengiriman Maret turun 0,4 persen menjadi $ 745,90 per ons di Nymex.(frk)(Bloomberg)