PT Best Profit Futures Malang

Emas Alami Gain Setelah Catat Kenaikan Mingguan Pertama Sejak Juni Lalu

emas1

BESTPROFIT FUTURES MALANG (17/8) – Emas kembali berkilau menyusul kenaikan mingguan pertama sejak Juni lalu pasca China meningkatkan cadangan emasnya dan miliarder Stan Druckenmiller membeli logam.

Bullion untuk pengiriman segera naik 0,1 % ke level $ 1,116.32 per ons pada pukul 10:26 pagi di Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Logam menguat 1,9 % pada pekan lalu setelah China mendevaluasi mata uang yuan pada 11 Agustus lalu mendorong permintaan safe haven. Itu adalah kenaikan mingguan terbesar sejak bulan Mei.

China mengungkapkan pada hari Jumat bahwa itu dapat mendorong kepemilikan emas sebesar 1,1 % pada bulan Juli. Pengungkapan datang sekitar sebulan setelah negara itu mengakhiri masa selama 6 tahun, mengungkapkan lonjakan sebesar 57 % pada aset sejak tahun 2009. Druckenmiller, mantan ahli strategi utama untuk George Soros, membeli saham SPDR Gold Trust senilai $ 323.6 juta di akhir bulan Juni. Risalah Federal Reserve yang jatuh tempo pada hari Rabu dapat memberikan petunjuk pada waktu kenaikan suku bunga, yang dapat mempengaruhi pergerakan dolar.

Sementara Druckenmiller membeli emas pada kuartal kedua, manajer miliarder hedge-fund John Paulson mengurangi kepemilikannya untuk pertama kali dalam 2 tahun terakhir. Manajer keuangan telah net-short selama 4 minggu beruntun di Comex New York, setelah memasuki fase bearish pada bulan Juli untuk pertama kalinya dalam catatan pemerintah AS sejak tahun 2006. Logam terbaik juga tidak mengharapkan reli berlangsung.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember yang diperdagangkan pada level $ 1,115.20 per ons di Comex dari level sebelumnya $ 1,112.70 pada hari Jumat.

Perak untuk pengiriman segera naik 0,2 % ke level $ 15,2782 per ons setelah turun 1,2 % pada Jumat kemarin. Sementara itu, Spot platinum sedikit berubah pada level $ 993,53 per ons, sedangkan paladium turun 0,1 % ke level $ 618,15 per ons. (knc)

Sumber : Bloomberg