PT Best Profit Futures Malang

Ekspor Jepang Bulan November Naik Tidak Sesuai Perkiraan

eksim-wiki-7-700x357

BESTPROFIT FUTURES MALANG (17/12) – Ekspor Jepang bulan November naik kurang dari perkiraan sebelumnya, sehingga mempertegas berbagai tantangan kepada upaya Perdana Menteri Shinzo Abe guna menarik ekonomi dari resesi.

Eskpor naik 4.9% dari awal tahun ini, menurut rilis data dari kementerian keuangan, angka tersebut dibawah perkiraan rata-rata dari survey Bloomberg News yang menyatakan naik 7%. Sementara impor tergelincir 1.7%, sehingga menyebabkan defisit neraca perdagangan sebesar 892 miliar yen ($7.6 miliar).

Abe menghadapi tekanan yang meningkat guna mendorong pertumbuhan ekonomi setelah memengkan pemilu dia berjuang terkait komitmen guna mengejar kebijakan Abenomic yang dicetuskannya. Ekspor yang akan naik secara bertahap akan membantu pelemahan yen saat harga minyak mentah turun yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memicu inflasi pada jangka panjang, menurut Kepala Bank Sentral Haruhiko Kuroda.

Di lain pihak yen diperdagangkan pada level 116.63 per dollar pukul 8:59 pagi waktu Tokyo setelah kemarin mencapai level 115.57, level tertinggi dalam sebulan terakhir. (bgs)

Sumber : Bloomberg